Kamis, 19 Oktober 2017

Dalihan Natolu

Sian na tubu sahat tu na monding halak Batak nunga hot ditontuhon parhundulna. Tolu bagian bolon do ondolan ni partuturon di halak Batak, i ma naginoaran “Dalihan Na Tolu”, hula-hula, dongan sabutuha, dohot boru. Dalihan Na Tolu artina Tungku Berkaki Tiga. Boasa dang di goari Tungku Berkaki Empat? Ae molo opat patna, molo dang disi sada boi dope jong-jong.

Adong deba na mandok, ondolan ni partuturon i, “Dalihan Na Tolu Paopat Sihalsihal” (aleale, dongan sahuta, raja na nigokhon dohot pangula ni huria). Toho do i, alai molo adong siulaon, parhundul ni sihalsihal tongtong do rap dohot dongan sabutuha.

Falsafah ni dalihan na tolu, i ma:

1. Somba marhulahula,
Ada yang menafsirkan pemahaman ini menjadi “menyembah hul-hula, namun ini tidak tepat. Memang benar kata Somba, yang tekananya pada som berarti menyembah, akan tetapi kata Somba di sini tekananya ba yang adalah kata sifat dan berarti hormat. Sehingga Somba marhula-hula berarti hormat kepada Hula-hula. Hula-hula adalah kelompok margaistri, mulai dari istri kita, kelompok marga ibu(istri bapak), kelompok marga istri opung, dan beberapa generasi; kelompok marga istri anak, kelompok marga istri cucu, kelompok marga istri saudara dan seterusnya dari kelompok dongan tubu. Hula-hula ditengarai sebagai sumber berkat. Hulahula sebagai sumber hagabeon/keturunan. Keturunan diperoleh dari seorang istri yang berasal dari hulahula. Tanpa hulahula tidak ada istri, tanpa istri tidak ada keturunan.

2. Manat mardongan tubu,
Suatu sikap berhati-hati terhadap sesama marga untuk mencegah salah paham dalam pelaksanaan acara adat. Hati–hati dengan teman semarga. Kata orang tua-tua “hau na jonok do na boi marsiogoson” yang berarti kayu yang dekatlah yang dapat bergesekan. Ini menggambarkan bahwa begitu dekat dan seringnya hubungan terjadi, hingga dimungkinkan terjadi konflik, konflik kepentingan, kedudukan, dan lain-lain.

3. Elek marboru.
Rasa sayang yang tidak disertai maksud tersembunyi dan pamrih. Boru adalah anak perempuan kita, atau kelompok marga yang mengambil istri dari anak kita(anak perempuan kita). Sikap lemah lembut terhadap boru perlu, karena dulu borulah yang dapat diharapkan membantu mengerjakan sawah di ladang.tanpa boru, mengadakan pesta suatu hal yang tidak mungkin dilakukan.

Hagabeon, hasangapon dohot hamoraon, i do diparsinta halak Batak di ngoluna, jala sai na lehonon ni Tuhanta do i asal ma somba (unduk manang pantun) marhulahula, manat mardongan tubu, jala elek marboru. Parngoluon ni halak Batak, sian mulai tubu, magodang, hot ripe sahat tu ujung ni ngoluna, di las ni roha manang arsak ni roha, tarihot do tu adat na pinungka ni ompunta sijolojolo tubu. Songon nidok ni umpasa :

“Raja i jolo martungkot siala gundi. Adat na pinungka ni ompu na parjolo,diihuthon di pudi”.

0 komentar: